Senin, 26 Maret 2018

Tips Menata Kamar Tidur Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-menata-kamar-tidur-anak

Apakah anak kita sudah memiliki kamar tidur sendiri? Bila ya, tak ada salahnya kita lebih mencermati seluk beluk penataan kamar tidur agar lebih tertata dengan baik. Bila kamar anak lebih tertata dengan baik, sang anak akan lebih nyaman berada di dalam ruangan tersebut. Selain itu, anak pun akan lebih nyaman belajar dan beristirahat juga. Nah, berikut beberapa tips menata kamar anak yang dapat kita coba.


Gambar 1. Kamar Tidur Anak

Letakkan Meja Belajar di Tempat yang Nyaman.
Apakah anak kita sudah menempuh pendidikan formal? Misalnya, sudah menempuh pendidikan SD. Bila ya, letakkan meja belajar di tempat yang nyaman. Misalnya, meletakkannya di dekat jendela agar anak kita dapat melihat sekeliling. Dengan menerapkan tips ini, akan merangsang anak untuk giat belajar. Sebaliknya, bila meletakkanya di tempat yang kurang nyaman, tak tertutup kemungkinan sang anak akan kurang bersemangat belajar.

Letakkan Lemari tanpa Penutup.
Kamar tidur anak memang tak dapat terlepas dari beragam barang. Nah, agar memudahkan anak menyimpan barang-barang miliknya, misalnya mainan ataupun sepatu, letakkan lemari tanpa penutup. Dapat juga menggunakan lemari yang khusus dipasang pada dinding. Bila tak terdapat lemari tanpa penutup, tak tertutup kemungkinan barang-barang akan tampak berserakan. Terlebih, bila anak begitu senang bermain sehingga lupa membereskan barang-barang miliknya. Menerapkan cara ini pun menanamkan sifat meletakkan barang-barang pada tempatnya.

Penuhi Selera Anak.
Agar anak lebih nyaman berada di dalam kamar tidur, penuhi selera anak terkait seluk beluk penataan interior. Misalnya, bila sang anak menyukai warna biru, jadikan warna biru sebagai warna dinding. Dapat juga memilih bantal dan selimut yang berwarna sama. Bila sang anak menyukai karakter tertentu, misalnya Spiderman, dapat juga memilih sprei yang bermotif gambar karakter superhero tersebut.

Buat Kamar Tidur Terasa Lebih Lapang.
Anak-anak memang senang bermain-main. Karenanya, tata kamar tidur agar terasa lebih lapang. Bila kamar tidur terasa lebih lapang, sang anak tentunya akan lebih nyaman bermain-main. Nah, ada banyak cara agar kamat tidur anak terasa lebih lapang.Misalnya, memilih meja belajar yang tak terlalu besar agar kamar tidur terasa lebih lapang. Ataupun, memilih lemari tanpa penutup yang berukuran kecil.

Biarkan Anak Kita Berkreasi dan Menyalurkan Kreativitas Menghias Kamar Tidur.
Apakah anak kita senang berkreasi menghias kamar tidurnya? Misalnya, anak kita senang menempel ornamen-ornamen pada dinding. Ataupun, anak kita senang menempelkan kertas lipat pada dinding. Bila anak senang berkreasi, kita sebenarnya tak perlu melarang mereka untuk tak berkreasi. Biarkanlah mereka berkreasi menyalurkan kreativitas Hal ini tentunya akan sangat merangsang kreativitas anak kita.

Demikian, beberapa tips mudah dan praktis yang dapat kita coba untuk menata kamar anak. Nah, selamat menata kamar anak…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.thespruce.com/tips-for-decorating-childrens-bedrooms-350505

Sumber Gambar:
1.https://pixabay.com/en/wallpaper-room-wall-apartment-416046/


Related Posts :