Jumat, 06 April 2018

Hal-Hal Keliru Dalam Penataan Ruang Keluarga

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/hal-hal-keliru-dalam-penataan-ruang-keluarga

Kita tentunya ingin tampilan interior ruangan keluarga tampak begitu menawan. Namun, tak sedikit penghuni rumah yang melakukan hal keliru dalam penataan ruang keluarga. Melakukan hal keliru dalam menata ruang keluarga tentunya akan membuat interior ruang keluarga tampak kurang menawan. Lalu, apa saja hal-hal keliru tersebut? Berikut hal-hal keliru penataan ruang keluarga.

Perpaduan Warna Kurang Serasi.
Warna menjadi salah satu hal penting dalam penataan interior. Namun, tak sedikit penghuni rumah yang mengabaikannya. Bila perpaduan warna yang tampak kurang serasi, tak tertutup kemungkinan membuat kurang nyaman berada di dalam rumah. Nah, untuk menemukan perpaduan warna yang serasi, kita dapat mencari tema-tema warna yang menarik di berbagai media. Misalnya, mencarinya via internet ataupun membaca majalah interior. Berikut contoh perpaduan warna yang menarik pada ruang keluarga.


Gambar 1. Contoh Warna-Warna Menarik

Tak Ada Spot yang Menjadi Pusat Fokus Pandangan.
Umpamakan kita sedang berada di dalam ruang keluarga. Bila tak ada pusat fokus pandangan, pandangan kita tertuju ke berbagai arah. Nah, bila terdapat spot yang menjadi pusat fokus pandangan, pandangan kita tertuju ke spot tersebut. Dengan kata lain, spot tersebut ibarat gambar diri kita yang diberi fitur fokus di dalam sebuah foto. Untuk menciptakan pusat fokus pandangan, letakkan sofa ataupun furniture lainnya yang berwarna khusus dan bermotif menarik. Contoh spot ini dapat kita amati pada gambar pertama. Sofa bermotif garis-garis menjadi spot pusat pandangan.

Ukuran Furniture Terlalu Beragam.
Ambil contoh, pada rumah kita terdapat tiga lemari. Setiap lemari berukuran berbeda, baik pada aspek tinggi, lebar, maupun tinggi. Keberagaman ukuran lemari cenderung membuat interior ruangan tampak berantakan. Nah, dibandingkan meletakkan tiga lemari yang berukuran berbeda, kita lebih baik meletakkan satu lemari berukuran sangat besar.

Kurang Sinar Matahari.
Sinar matahari pun menjadi hal penting dalam penataan interior. Ruang keluarga mesti cukup mendapatkan pasokan sinar matahari. Nah, agar mendapatkan cukup pasokan sinar matahari, cermati berapa banyak dan luas jendela yang terpasang pada dinding ruang keluarga. Bila kita merasa jendela terlalu kecil ataupun terlalu sedikit sehingga membuat ruang keluarga tak mendapatkan pasokan sinar matahari, tak ada salahnya kita memperluas jendela ataupun memasang jendela berukuran besar.

Terlalu Banyak ‘Elemen’.
Dalam menata ruang keluarga, hindari meletakkan ‘elemen-elemen’ secara berlebihan. Ambil contoh, bila terlalu banyak corak yang tampak, cenderung memunculkan kesan berantakan. Contoh lainnya, bila terlalu banyak warna, cenderung memusingkan mata memandangnya. Hindari juga menghias ruangan terlalu berlebihan. Misalnya, memasang banyak wallpaper berbeda motif pada dinding. Tentu saja, karena akan memunculkan kesan kurang harmonis.

Demikian, hal-hal keliru dalam penataan ruang keluarga. Nah, apakah satu atau lebih hal tersebut tampak pada ruang keluarga rumah kita? Bila ya, tak ada salahnya kita perbaiki.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.homify.in/ideabooks/4264224/6-living-room-decoration-mistakes-you-must-avoid

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2015/03/12/14/35/family-room-670281_960_720.jpg


Related Posts :