Senin, 02 April 2018

Tips Memadukan Corak Warna Furniture

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-memadukan-corak-warna-furniture

Ingin interior rumah kita terlihat begitu manis dan menawan? Bila ya, kita dapat mencoba memadukan corak-corak warna pada furniture. Misalnya, memadukan sofa bercorak kotak-kotak berwarna merah dengan gorden bercorak bunga berwarna hijau. Di berbagai toko furniture pun, biasanya tersedia beragam furniture dengan tampilan corak dan warna yang tampak begitu manis dan menarik. Kita dapat mencari furniture bercorak menarik via online.

Nah, agar perpaduan corak warna furniture terlihat lebih manis dan menawan, kita mesti cermat memilih corak dan warna corak yang tampak pada furniture. Berikut beberapa tips praktis memilih corak dan warna corak. Serta, tips praktis memadukannya.


Gambar 1. Berbagai Corak Warna Furniture

Gunakan Maksimal 4 Corak.
Kita bebas memilih corak-corak yang tampak pada furniture. Pilihlah corak-corak yang kita sukai. Namun, tak lantas kita menempatkan begitu banyak furniture bercorak menarik di dalam ruangan. Sebaiknya, batasi hingga 4 corak. Sebabnya, bila terlalu banyak corak, cenderung memunculkan kesan kurang rapih. Kita pun akan kurang fokus memandang aneka corak yang tampak. Ambil contoh, kita letakkan sofa bercorak kotak-kotak, gorden bercorak bunga, bantal sofa bercorak daun dan karpet bercorak abstrak. Pada gambar pertama di atas, terdapat dua corak. Yaitu, corak bunga pada bantal sofa dan corak garis strip pada karpet.

Tetapkan Tingkatan Ukuran Corak.
Diantara corak-corak ukuran yang kita pilih, corak pertama yang kita pilih mesti tampak lebih besar. Corak kedua dan corak selanjutnya mesti tampak lebih kecil. Bila seluruh corak berukuran, membuat kita kurang fokus memandang berbagai corak furniture yang tampak pada interior. Selain itu, cenderung memunculkan kesan kurang rapih. Singkatnya, kita tetapkan ukuran pada setiap corak.

Bagaimana dengan Warna Corak?
Warna pun menjadi hal penting dalam memadukan corak-corak furniture. Dengan mencermati warna, corak-corak furniture akan tampak lebih menyatu. Karenanya, semakin membuat interior lebih manis dan menawan. Sebaliknya, bila kita kurang mencermati warna, tak tertutup kemungkinan warna-warna yang tampak akan kurang menyatu. Karenanya, tak tertutup kemungkinan akan muncul kesan kurang rapih. Lalu, warna corak apa yang sebaiknya kita pilih? Pada corak pertama dan corak kedua, pilihlah yang berwarna gelap sama. Misalnya, memadukan corak kotak-kotak berwarna merah terang dihiasi warna coklat gelap dengan corak segitiga berwarna biru terang dihiasi warna coklat gelap. Untuk corak selanjutnya, kita bebas memilih warna.

Beberapa Corak yang Dapat Dipilih.
Bila menginginkan corak yang memunculkan kesan tenang, pilihlah corak bermotif segitiga. Bila menginginkan corak yang memunculkan kesan klasik, pilihan corak garis-garis strip. Nah, bila ingin menambahkan corak lainnya, jadikan corak-corak tersebut sebagai corak utama. Apa yang sudah dijelaskan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih corak,

Demikian, beberapa tips memadukan corak-corak warna furniture. Memang, terdapat banyak cara untuk menghias interior. Bila menginginkan interior yang manis dan menawan, menerapkan tips-tips tersebut dapat menjadi alternatif. Nah, tertarik ingin menerapkannya? Selamat berkreasi memadukan corak-corak…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.interiorish.com/mix-match-patterns-home-interior-design/

Sumber Gambar:
1.https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d7/Maine_Cottage_Stella_Sofa.jpg


Related Posts :