Jumat, 06 April 2018

Tips Memilih Lampu Gantung Untuk Menghias Ruang Makan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-memilih-lampu-gantung-untuk-menghias-ruang-makan

Penerangan menjadi salah satu hal penting yang mesti kita cermati pada penataan interior. Termasuk juga di dalam interior ruang makan. Untuk lebih menerangi sekaligus menghias ruang makan, khusus meja makan, kita dapat menggunakan lampu gantung. Di berbagai toko furniture,tersedia beragam lampu gantung. Lalu, lampu gantung seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Dan juga, pada posisi apa kita sebaiknya meletakkannya? Berikut tips memilih lampu gantung dan meletakkannya untuk menghias ruang makan

Gantungkan Lampu Gantung Pada Langit-Langit Tepat di Atas Tengah-Tengah Meja Makan.
Di berbagai toko furniture, tersedia beragam lampu gantung bercorak menarik. Nah, kita dapat memanfaatkan lampu gantung agar ruang makan tampak terang menawan. Gantungkan lampu gantung dengan jarak 75 hingga 90 centimeter dihitung dari atas permukaan atas meja. Bila langit-langit begitu tinggi, kita dapat menggantungnya hingga 120 centimer diukur dari permukaan atas meja. Kita dapat memasang lebih dari satu lampu gantung.Nah, cahaya lampu yang terpancar dari lampu gantung saat malam membuat ruang makan begitu terang menawan. Berikut contoh lampu gantung yang dipasang di atas meja makan.


Gambar 1. Lampu Gantung

Meja Makan Berbentuk Bundar Lebih Cocok Dipadukan dengan Lampu Gantung Chandelier.
Di berbagai toko furniture, tersedia beragam jenis lampu gantung. Salah satunya yaitu yaitu lampu gantung yang menyerupai lilin-lilin yang ditempatkan secara melingkar. Lampu gantung ini dinamakan lampu gantung Chandelier. Nah, lampu gantung Chandelier cocok dipadukan dengan meja makan berbentuk bundar. Sebabnya, bentuk bundar yang tampak pada keduanya membuat lampu gantung chandelier dan meja makan bundar terlihat begitu menyatu. Berikut contoh perpaduan lampu gantung chandelier dengan meja makan bundar.


Gambar 2. Lampu Gantung Chandelier.

Cermati Ukuran Lampu Gantung.
Cermati juga ukuran lampu gantung. Bila lampu gantung terlalu besar ataupun kecil, tentunya akan kurang nyaman dipandang mata. Sesuaikan lampu gantung dengan ukuran meja makan. Pilihlah lampu gantung dengan panjang sekitar 12 centimer lebih kecil daripada panjang meja. Dan juga, dengan lebar sekitar 12 centimer lebih kecil daripada lebar meja.

Pilihlah Lampu Gantung yang Dilengkapi Fitur Pengatur Cahaya.
Terang atau gelapnya sinar cahaya lampu sebenarnya memengaruhi kenyamanan kita. Selain itu, berpengaruh juga terhadap suasana interior. Nah, agar kita dapat mengatur terang gelapnya sinar cahaya lampu gantung, pilihlah lampu gantung yang dilengkapi fitur pengatur cahaya. Bila cahaya lampu dirasakan terlalu terang, kita dapat mengurangi terangnya cahaya. Bila cahaya lampu dirasakan terlalu gelap, kita dapat meningkatkan terangnya cahaya.

Padukan Cahaya Lampu Gantung dengan Cahaya Lampu Dinding.
Agar cahaya penerangan lebih terang menawan, padukan cahaya lampu gantung dengan sumber cahaya lainnya. Kita dapat memasang beberapa lampu yang khusus untuk dipasang pada dinding. Perpaduan cahaya lampu gantung dengan lampu dinding pun menciptakan panorama visual yang menarik. Berikut contoh perpaduan tersebut.


Gambar 3. Perpaduan Cahaya

Demikian, beberapa tips memilih lampu gantung dan meletakkannya di dalam ruang makan. Nah, ingin mencobanya? Selamat berkreasi…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://landolightinggalleries.com/5-tips-for-dining-room-lighting/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2014/07/21/18/35/living-room-398798_960_720.jpg
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/Cuarto_interior%2C_Palacio_de_Nymphenburg%2C_M%C3%BAnich%2C_Alemania2.JPG/800px-Cuarto_interior%2C_Palacio_de_Nymphenburg%2C_M%C3%BAnich%2C_Alemania2.JPG
3. http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Restaurant-Cutlery-Table-Empty-Chairs-Glasses-537751.jpg


Related Posts :