Rabu, 27 Juni 2018

Pertimbangan-Pertimbangan Memilih Lukisan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/pertimbangan-pertimbangan-memilih-lukisan

Di pasaran, tersedia beragam lukisan. Harganya dan besarnya pun bervariasi. Tema lukisan pun begitu beragam. Lukisan sebenarnya lebih bernilai seni, tentu saja karena langsung dibuat oleh tangan manusia. Nah, apakah kita termasuk penghuni rumah yang senang memajang lukisan? Ataukah telah terpajang satu ataupun lebih lukisan di dalam rumah kita? Bila ya, lukisan seperti apa yang sebaiknya kita pajang? Berikut beberapa pertimbangan memilih lukisan.


Gambar 1. Lukisan

Cermati Warna-Warna Lukisan. Cermati warna dominan yang tampak pada ruangan. Lalu, pilihlah lukisan dengan warna tersebut. Ambil contoh, merah menjadi warna dominan yang tampak pada ruangan. Pilihlah lukisan yang didominasi warna merah. Misalnya, lukisan abstrak yang kental dengan warna merah. Ataupun lukisan bunga yang juga begitu kental dengan warna merah. Dengan menerapkan cara tersebut, lukisan dan ruangan akan tampak menyatu. Karenanya, membuat ruangan terasa lebih mengalir dan juga lebih ‘hidup’.

Abaikan Warna, Pilihlah Lukisan yang Kita Sukai. Selain menyesuaikan warna lukisan dengan warna dominan yang tampak pada interior, kita pun dapat juga memilih lukisan yang kita sukai. Kita tak perlu mencermati warna-warna yang tampak lukisan. Misalnya, bila menyukai lukisan bertema alam, kita dapat memajangnya tanpa perlu mencermati warna-warna yang tampak pada lukisan.

Bila Ingin Memajang Lukisan Berukuran Besar, Cermati Ukuran Lukisan. Di dalam rumah, lukisan berukuran besar biasanya dipajang pada dinding yang berada di atas sofa. Lalu, berapa ukuran lukisan yang sebaiknya kita pajang? Nah, sebagai panduan, ukuran panjang lukisan sebaiknya lebih besar dari 2/3 panjang sofa. Ambil contoh, bila panjang sofa 1 meter atau 100 centimeter, sebaiknya pilihlah lukisan dengan panjang minimal 66 centimeter. Ukuran tersebut membuat kita lebih fokus memandang lukisan. Dan juga, keberadaan lukisan akan lebih menghiasi interior.

Ciptakan Kesan Kontras. Adanya warna-warna kontras, atau perpaduan warna terang dengan warna gelap, membuat interior rumah terlihat lebih sedap dipandang mata. Hal tersebut pun dapat juga kita terapkan dalam memilih lukisan. Ambil contoh, bila dinding rumah kita berwarna putih, kita dapat memilih lukisan yang didominasi warna-warna gelap. Contoh lainnya, bila warna dominan yang tampak pada interior rumah yaitu warna gelap, kita dapat memajang lukisan yang didominasi warna-warna terang.

Membeli Terlebih Dahulu, Memajangnya Kemudian. Seperti yang sudah disebutkan, tersedia beragam ukuran lukisan. Termasuk juga lukisan-lukisan yang berukuran kecil. Nah, bila ingin memajang lukisan tersebut, beli lukisan terlebih dahulu tanpa perlu memikirkan bagian rumah manakah yang akan menjadi spot untuk memajangnya. Kita pun tak perlu mencermati warna-warna yang tampak pada lukisan. Setelah membeli satu atau lebih lukisan, kita tentukan spot terbaik pada rumah sebagai spot diletakkan lukisan-lukisan tersebut.

Demikian, beberapa pertimbangan memilih lukisan. Nah, ingin memajang ataukah mengganti lukisan? Selamat memilih-milih lukisan…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.thespruce.com/how-to-choose-art-4101220

Sumber Gambar:
1.https://static.pexels.com/photos/706144/pexels-photo-706144.jpeg


Related Posts :