Senin, 09 Juli 2018

4 Hal Penting dalam Memilih Peralatan Makan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/4-hal-penting-dalam-memilih-peralatan-makan

Di berbagai toko, tersedia beragam peralatan makan. Harganya pun sangat bervariatif. Di setiap rumah, peralatan-peralatan makan memang menjadi benda yang wajib ada. Nah, apakah tak terdapat peralatan makan di rumah kita? Lalu, karena tersedia beragam peralatan makan, peralatan makan seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Apakah kita mesti membeli beragam peralatan makan yang berharga mahal? Berikut 4 hal penting dalam memilih peralatan makan.


Gambar 1. Peralatan Makan

Cermati Corak Ornamen Peralatan Makan. Untuk menyantap makanan sehari-hari, sebaiknya pilihlah peralatan makan yang cenderung berdesain sederhana. Ataupun, yang hanya dihiasi sedikit corak ornamen. Biasanya, peralatan makan tersebut tidak terlalu mahaL sehingga menghemat isi dompet kita. Nah, bila kita akan kedatangan ataupun sering dikunjungi tamu, kita dapat membeli berbagai peralatan makan yang dihiasi corak ornamen yang menarik. Misalnya, piring yang dihiasi ornamen dedaunan ataupun ornamen bunga pada bagian sisinya. Menyajikan berbagai makanan dengan aneka peralatan makan yang dihiasi corak ornamen, tentunya memberikan kesan sopan dan elegan kepada para tamu. Peralatan makan berhiaskan ornamen dapat juga kita keluarkan saat acara-acara tertentu. Misalnya, acara pertemuan keluarga.

Cermati Ukuran Setiap Peralatan Makan. Ukuran peralatan makan pun mesti kita cermati. Ambil contoh, bila piring terlalu besar, cenderung membuat hidangan-hidangan di atas meja makan kurang tampak estetis. Tak tertutup kemungkinan, akan menurunkan selera untuk menyantapnya. Sebaliknya, bila ukuran setiap peralatan makan begitu ‘pas’, hidangan-hidangan di atas meja akan terlihat lebih estetis. Karenanya, membuat lebih berselera menyantap makanan.

Peralatan Makan Tak Berlalu Berat Ataupun Ringan. Cermati juga berat setiap peralatan makan. Setiap peralatan sebaiknya tak terlalu berat ataupun ringan. Bila peralatan makan terlalu berat, menyulitkan kita membawanya. Misalnya, bila piring terlalu berat, kita lebih sulit membawanya. Contoh lainnya, bila sendok terlalu berat, kita lebih sulit menyantap makanan. Bila peralatan makan terlalu ringan, tak tertutup kemungkinan akan bocor saat menampung hidangan bervolume besar. Misalnya, bila mangkok terlalu ringan, tak tertutup kemungkinan, mangkok akan bocor.

Peralatan Makan Berdesain Klasik atau Modern? Ditinjau dari aspek tampilan, desain peralatan makan dapat kita kategorikan menjadi dua jenis. Yaitu, peralatan makan berdesain klasik dan peralatan makan berdesain modern. Peralatan makan berdesain klasik tampak begitu elegan. Karenanya, membuat setiap santapan begitu istimewa. Bila ingin menyantap hidangan bersama tamu, sangat cocok menggunakan peralatan makan tersebut. Sedangkan peralatan makan bergaya modern cenderung tampak ‘flat’. Peralatan makan ini cocok digunakan untuk menyantap makanan sehari-hari. Contoh peralatan makan berdesain klasik dapat kita simak pada gambar pertama. Sedangkan contoh peralatan makan bergaya modern dapat kita simak pada gambar berikut.


Gambar 2. Contoh Peralatan Makan Bergaya Modern

Demikian, beberapa tips memilih peralatan makan. Nah, ingin mengganti berbagai peralatan makan kita? Selamat memilih-milih peralatan makan…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.homeanddecor.com.sg/blogs/table-manners-guide-cutlery

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2015/05/07/00/32/dine-755944_960_720.jpg
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/05/03/10/44/tableware-1368882_960_720.jpg


Related Posts :