Senin, 16 Juli 2018

Bentuk dan Warna Peralatan Makan Mempengaruhi Rasa Makanan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/bentuk-dan-warna-peralatan-makan-mempengaruhi-rasa-makanan?sort=author_reputation

Rumah memang tak dapat terlepas dari berbagai peralatan makanan. Tentu saja, karena peralatan-peralatan tersebut menjadi benda yang ‘wajib’ ada. Mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Nah, dalam memilih ataupun menyajikan peralatan makan untuk kita letakkan pada meja makan, kita pun mesti mencermati bentuk dan warnanya. Tak hanya cenderung berfokus pada kenyamanan menggunakannya saja. Sebabnya, bentuk dan warnanya pun sebenarnya mempengaruhi rasa makanan. Ukurannya pun mempengaruhi selera makan juga. Lalu, mengapa demikian?

Mari kita simak hasil penelitian berikut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Oxford, dilansir dari situs bbc.com, para peneliti menemukan kesimpulan menarik. Yaitu, es yoghurt akan terasa lebih manis, bila kita menyantapnya menggunakan sendok berwarna terang. Es yoghurt akan terasa kurang manis bila menyantapnya menggunakan sendok berwarna gelap. Nah, mengacu kepada hasil penelitian tersebut, kita mesti mencermati warna-warna peralatan makanan.


Gambar 1. Peralatan Makan Berwarna-Warni

Simak juga hasil lainnya penelitian tersebut. Keju akan terasa lebih asin, bila kita menyantapnya menggunakan tusuk gigi ataupun pisau. Bila kita menyantapnya menggunakan garpu, keju akan terasa lebih manis. Simak juga hasil lainnya lagi penelitian tersebut. Bila piring berukuran kecil, orang hanya akan menyantap sedikit makanan. Sebaliknya, bila piring berukuran besar, orang akan lebih menyantap makanan. Nah, mengacu kepada hasil penelitian-penelitian tersebut, tak dapat dipungkiri, bentuk dan warna sebenarnya mempengaruhi rasa makanan yang kita santap.

Terkait warna yang menghiasi peralatan makan, tak mesti seluruh bagian peralatan berwarna sama. Ambil contoh, pada sendok, tak mesti seluruh bagian sendok berwarna sama. Kita dapat menggunakan sendok bergagang berwarna merah ataupun kuning. Bagian lainnya berwarna abu-abu, karena merupakan warna bahan stainless steel. Contoh lainnya, pada piring, tak mesti seluruh piring berwarna sama. Kita dapat menggunakan piring dengan bagian sisi yang berwarna kuning ataupun merah. Contoh penerapan aneka warna pada peralatan makan dapat kita simak pada gambar pertama.

Hasil penelitian tersebut sejalan dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa warna mempengaruhi mood dan suasana hati orang yang memandangnya. Nah, dengan menyajikan aneka peralatan makan yang berwarna sesuai pada meja makan, selain membuat makanan lebih lezat, suasana hati kita pun akan lebih nyaman menyantap makanan. Kita akan merasa lebih senang saat menyantap makanan.

Kesimpulannya, sekali lagi, agar kita lebih berselera menyantap makanan, kita pun mesti mencermati bentuk dan warna aneka peralatan makan. Tak hanya sekedar cenderung berfokus pada kenyamanan menggunakannya saja. Ukurannya pun mesti kita cermati juga. Nah, inginkah mencoba menyantap makanan dengan peralatan makan berwarna-warni? Aneka peralatan makan berwarna-warni relatif tak sulit kita temui di berbagai toko. Baik supermarket maupun berbagai toko online. Selamat menyantap makanan…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.bbc.com/news/health-23051517
https://www.verywellmind.com/color-psychology-2795824

Sumber Gambar:
Modifikasi dari https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a4/Knife_fork_and_spoon.svg/2000px-Knife_fork_and_spoon.svg.png


Related Posts :