Senin, 02 Juli 2018

Nuansa Kontras Mempercantik Interior

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@kakibukit/nuansa-kontras-mempercantik-interior

Secara konseptual, penerapan warna kontras di dalam interior yaitu memadukan warna terang dengan warna gelap. Dengan tampaknya perpaduan warna-warna tersebut, interior ruangan terasa lebih mengalir dan ‘hidup’. Dan juga, interior rumah pun tak cenderung ‘monoton’ Selain itu, membangun kesan ‘first impression’ atau kesan pertama yang sulit terlupakan bagi para tamu yang berkunjung ke rumah kita. Berikut contoh penerapan warna kontras di dalam interior.


Gambar 1. Contoh Nuansa Kontras

Nah, kita pun dapat mengumpamakan warna terang ibarat nada ‘treble’ di dalam lagu. Sedangkan warna gelap ibarat nada ‘bass’ di dalam lagu. Bila keduanya tertata dengan baik, lagu akan lebih nyaman kita dengar. Begitu pun dengan warna terang dan gelap yang tampak di dalam interior. Bila keduanya tertata dengan baik, kita akan lebih nyaman berada di dalam ruangan.

Hanya saja, memang membutuhkan trik-trik khusus untuk memadukan kedua warna tersebut. Terlebih, bila kita termasuk desainer interior pemula. Nah, untuk membantu menciptakan nuansa kontras di dalam interior rumah, kita dapat mencoba menerapkan beberapa tips berikut.

Utamakan Warna Gelap Atau Warna Terang Sebagai Warna Dominan. Agar perpaduan warna kontras tampak harmonis, jadikan warna gelap atau warna terang sebagai warna dominan. Ambil contoh, kita menjadikan warna terang sebagai warna dominan. Kita jadikan warna terang sebagai warna yang dominan terlihat. Misalnya, mencat seluruh bagian dinding dengan warna gelap. Pada bagian furniture lainnya, kita gunakan warna terang. Contohnya dapat kita amati pada gambar pertama di atas.

Warna Gelap Tak Mesti Hitam. Sebagai hal penting, warna gelap tak mesti hitam. Kita dapat menggunakan warna-warna gelap lainnya. Misalnya, warna biru gelap, coklat gelap, ataupun abu-abu gelap. Nah, untuk memudahkan memilih warna, kita dapat mencari skema warna yang tersedia di internet. Berikut contoh skema warna yang terdiri dari warna gelap selain hitam dan beberapa warna terang.


Gambar 2. Contoh Skema Warna

Berikut contoh perpaduan beberapa warna gelap dengan beberapa warna terang. Warna gelap menggunakan warna merah gelap, hitam, dan coklat gelap. Sedangkan warna terang menggunakan warna putih dan merah terang. Perpaduan warna-warna tersebut menciptakan kesan menawan.


Gambar 3. Contoh Perpaduan

Dapat Juga Meletakkan Furniture yang Mengkombinasikan Warna Gelap dan Warna Terang. Misalnya, menghamparkan karpet yang berwarna hitam dan putih. Ataupun, meletakkan sofa yang memadukan warna hitam dan putih. Nah, agar furniture bernuansa kontras lebih menyatu dengan interior, sesuaikan warna kontras furniture dengan ruangan. Misalnya, bila dinding berwarna abu-abu terang, pilihlah sofa yang memadukan warna abu-abu terang dengan hitam. Bila terlalu banyak warna, cenderung memusingkan mata kita memandangnya. Karenanya, membuat kita kurang nyaman berada di dalam rumah.

Demikian, beberapa tips menciptakan nuansa kontras di dalam interior rumah kita. Nah, tertarikkah ingin mencobanya? Akhir kata, selamat berkreasi dan bekreativitas menciptakan nuansa kontras di dalam interior rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://freshome.com/importance-of-contrast/

Sumber Gambar:
https://pixnio.com/free-images/2017/05/31/2017-05-31-23-38-05-900x601.jpg
Gambar Milik Pribadi
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/Valencay_-_Le_Ch%C3%A2teau_-_Interior_04.jpg


Related Posts :