Senin, 20 Agustus 2018

Desain Tangga Naik Turun Lantai yang Aman

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/desain-tangga-naik-turun-lantai-yang-aman

Seperti apa tangga naik turun lantai yang aman? Tentunya, bila rumah kita bertingkat dan terdapat tangga, kita mesti mencermatinya dengan sangat seksama. Sebabnya, bila tangga kurang aman, kita ataupun penghuni rumah lainnya sangat berisiko terpeleset. Bila terpeleset saat menaiki ataupun menuruni tangga, sangat berisiko menyebabkan hal-hal fatal hingga kehilangan nyawa. Misalnya, terkilir, cedera, ataupun terluka. Lalu, seperti apa tangga yang aman? Nah, berikut beberapa ukuran-ukuran penting terkait tangga yang aman.


Gambar 1. Tangga

Ukuran-Ukuran Penting Terkait Pegangan Tangga. Pada pegangan tangga, cermati kemiringan tangga dan ketinggian setiap anak pagar pada pegangan tangga. Kemiringan tangga sebaiknya berkisar di antara 30 hingga 35 derajat. Ketinggian anak pagar pada pegangan tangga sebaiknya berkisar 86.5 hingga 107 sentimeter.

Ukuran-Ukuran Penting Terkait Anak Tangga. Pada anak tangga, terdapat tiga hal yang mesti cermati. Yaitu, ketinggian anak tangga, panjang anak tangga, dan lebar anak tangga. Ketinggian anak tangga sebaiknya berkisar di antara 12.5 hingga 18 sentimeter. Panjang anak tangga sebaiknya minimal 90 centimeter. Lebar anak tangga sebaiknya 25 hingga 35 centimeter.

Ilustrasi ukuran-ukuran yang tercatat pada dua point tersebut dapat kita lihat pada gambar pertama berikut.


Gambar 2. Ilustrasi

Ukuran dan Hal Penting Terkait Pegangan Tangga. Kita pun mesti mencermati pegangan tangga. Pegangan tangga sebaiknya berbentuk bundar. Sebabnya, kita lebih mudah memegangnya secara lebih erat dan kuat. Bila kita merasa mulai kehilangan keseimbangan berjalan pada tangga, kita lebih mudah memegangnya. Nah, diameter pegangan tangga sebaiknya berkisar antara 4 hingga 5 sentimeter.

Aspek Pencahayaan dan Lantai Tangga. Lantai Anak tangga sebaiknya tidak menggunakan bahan yang licin. Begitu pun dengan pegangan tangga. Sebabnya, sangat berisiko membuat kita terpeleset. Cermati juga aspek pencahayaan. Sebabnya, bila anak tangga kurang terlihat terutama saat malam, kita sangat berisiko terpeleset. Hindari juga memasang keramik yang bermotif ataupun karpet terlalu kompleks pada anak tangga. Sebabnya, cenderung membuat kita kurang fokus melihat anak tangga.

Hal-Hal Penting Lainnya Terkait Keamanan Berjalan Pada Tangga. Saat menaiki ataupun menuruni tangga, selalu memegang pegangan tangga. Bila akan membawa benda berat ataupun benda yang berukuran besar menaiki dan menuruni tangga, salah satu tangan kita mesti memegang pegangan tangga. Bila benda begitu berat sehingga kita mesti membawanya dengan kedua tangan kita, sebaiknya menggunakan alat pengangkut khusus. Kita sangat berisiko terpeleset bila tak memegang pegangan tangga.

Demikian, beberapa ukuran-ukuran pegangan tangga yang aman. Dan juga, beberapa tips agar kita lebih aman dan nyaman baik saat menaiki dan menuruni tangga. Sekali lagi, kita mesti mencermatinya. Tentu saja, agar kita lebih aman dan juga lebih nyaman saat menaiki ataupun menuruni tangga. Terlebih, bila terdapat anak-anak di dalam rumah kita yang sering menaiki ataupun menuruni tangga.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.ccohs.ca/oshanswers/safety_haz/stairs_fallprevention.html

Sumber Gambar:
  1. 1,https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b2/Stairway_in_ford_plant_in_LA_from_HABS.jpg/477px-Stairway_in_ford_plant_in_LA_from_HABS.jpg
  2. Gambar Milik Pribadi


Related Posts :