Rabu, 15 Agustus 2018

Tips Menentukan Ukuran Karpet

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/tips-menentukan-ukuran-karpet

Apakah terhampar karpet di dalam rumah kita? Dan juga, apakah kita akan menghamparkannya dalam waktu dekat? Bila ya, tak ada salahnya kita mencermati ukuran karpet. Di pasaran, tersedia beragam ukuran panjang dan lebar karpet. Nah, dengan lebih mencermati ukuran karpet, membuat interior rumah akan lebih menawan. Karpet pun akan terlihat ‘pas’, harmonis, dan menyatu dengan seluruh isi ruangan. Dan juga, membuat kita lebih nyaman berada di dalam rumah. Nah, berikut beberapa pilihan ukuran panjang dan lebar karpet yang dapat kita hamparkan di dalam rumah kita. Selamat menyimak…


Gambar 1. Karpet

Karpet berukuran 8x10 kaki atau 9x12 kaki. Bila ruangan cenderung besar, salah satu dari kedua ukuran karpet tersebut dapat menjadi pilihan. 1 kaki sama dengan sekitar 0,3 meter. Dapat juga menggunakan ukuran karpet yang lebih besar dari 9x12 kaki. Misalnya, 10x14 kaki.

Karpet Berukuran 5x8 Kaki atau 6X9 kaki. Bila ingin menghamparkan karpet yang berukuran lebih kecil di dalam ruangan, salah satu dari ukuran karpet tersebut, 5x8 kaki atau 6x9 kaki, dapat menjadi pilihan. Bila ruangan cenderung kurang besar, dapat juga menggunakannya.

Karpet Berukuran 4x6 kaki. Karpet berukuran 4x6 kaki dapat kita letakkan pada spot tertentu. Misalnya, di bawah televisi ataupun di dekat lemari. Dengan menghamparkannya pada spot tertentu, tentunya membuat interior rumah semakin menawan. Selain karpet berukuran tersebut, dapat juga menggunakan ukuran karpet yang lebih kecil dari 4x6 kaki.

Karpet Untuk Jalan Masuk Menuju Ruangan. Kita pun dapat juga memanfaatkan karpet untuk menghias jalan masuk menuju ruangan. Misalnya, menghias area masuk menuju kamar tidur, anak tangga untuk memasuki ruangan, ataupun kamar makan. Lebar karpet tersebut biasanya 2 kaki. Sedangkan panjang mengikuti panjang area masuk. Berikut contoh karpet tersebut.


Gambar 2. Contoh Karpet

Tips Tambahan.
  • Sesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruangan. Sebelum memilih salah satu ukuran karpet tersebut, ukur luas ruangan. Lalu, pilihlah salah satu ukuran karpet yang menurut kita sesuai dan ‘pas’ dengan ruangan Misalnya, bila ruang berukuran 10x12 kaki, kita dapat menghamparkan karpet berukuran 8x0 kaki.

  • Sesuaikan juga motif dan warna karpet dengan aktivitas kita di dalam ruangan. Misalnya, bila kita senang bermain-main dengan anak kita, pilihlah karpet dengan motif dan warna ‘funny’. Kita akan lebih asyik dan nyaman bermain-main bersama anak kita, Misalnya, karpet dengan motif dan warna-warna yang terang dan berwarna-warni. Contoh karpet ‘funny’ dapat kita amati pada gambar ketiga dibawah.

  • Agar karpet terlihat lebih menarik, dapat juga mencoba memadukan beberapa karpet bermotif dan berwarna berbeda. Hamparkan karpet-karpet secara ‘berlapis’ Perpaduan beberapa motif membuat tampilan karpet terlihat lebih mengalir.


    Gambar 3. Contoh Karpet ‘funny’

Demikian, beberapa pilihan ukuran karpet. Nah, apakah ingin mengganti karpet dengan salah satu ukuran tersebut ataupun menghamparkannya? Bila ya, selamat memilih-milih karpet dan menghamparkannya di dalam rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  • https://nwrugs.com/pages/size-chart
Sumber Gambar:
  1. https://pixnio.com/free-images/2017/04/28/2017-04-28-07-40-14-900x506.jpg
  2. http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Vintage-Rug-Runner-Staircase-Iron-Railing-Stairs-1054483.jpg
  3. https://cdn.pixabay.com/photo/2014/12/17/14/33/carpet-571538_960_720.jpg


Related Posts :