Kamis, 27 September 2018

Manfaat-Manfaat Minyak Kelapa

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/manfaat-manfaat-minyak-kelapa

Apakah kita menyimpan minyak kelapa di dalam rumah? Ada beberapa manfaat minyak kelapa yang sangat berguna bagi pemilik rumah. Karenanya, tak ada salahnya kita selalu menyimpannya. Di pasaran, tersedia beragam produk minyak kelapa. Harganya pun bervariatif Lalu, apa saja manfaat-manfaat minyak kelapa? Berikut beberapa manfaat minyak kelapa.


Gambar 1. Minyak Kelapa

Menghilangkan Karat. Di rumah kita, apakah terdapat satu ataupun peralatan besi berbahan logam yang berkarat? Misalnya, terdapat karat pada gunting. Bila alat-alat tersebut terlihat berkarat, tentunya tak nyaman dipandang mata. Nah, untuk menghilangkan karat, kita dapat mencoba memanfaatkan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada permukaan yang berkarat. Tunggulah satu jam hingga satu malam. Lalu, bilas permukaan berkarat dengan air panas

Membersihkan Sisa-Sisa Tempelan Stiker. Apakah terdapat sisa-sisa tempelan stiker pada beberapa benda di dalam rumah kita? Bila tampak sisa-sisa tempelan stiker, tentunya membuat benda tersebut kurang nyaman dipandang mata. Ambil contoh, sisa-sisa tempelan stiker label harga yang masih melekat. Untuk menghilangkan sisa-sisa tempelan stiker, kita pun dapat memanfaatkan minyak kelapa. Basahi kain dengan minyak kelapa. Lalu, kita bersihkan sisa-sisa tempelan stiker hingga bersih seluruhnya.

Menghilangkan Bunyi Derit pada Engsel Pintu. Saat kita membuka ataupun menutup pintu, apakah engsel pintu bersuara derit? Bila terdengar suara tersebut, tentunya akan membuat kita kurang nyaman. Untuk menghilangkan bunyi derit tersebut, manfaatkan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian engsel yang mengeluarkan bunyi derit. Tunggulah beberapa menit, hingga bunyi derit lenyap seutuhnya. Setelah bunyi derit hilang, bersihkan engsel.

Membersihkan Buih-Buih Sabun. Di dalam kamar mandi ataupun pada tempat cuci piring, apakah terdapat buih-buih sabun yang sulit kita bersihkan? Untuk menghilangkan buih-buih sabun, kita dapat mencoba membersihkannya dengan minyak kelapa. Bilas buih-buih sabun dengan kain yang sudah dibasahi minyak kelapa secukupnya.

Melindungi Peralatan dari Debu. Minyak kelapa pun dapat juga kita gunakan untuk melindungi peralatan agar lebih terbebas dari debu. Sebabnya, minyak kelapa menciptakan lapisan pelindung. Gosokan minyak kelapa pada seluruh bagian peralatan yang mudah berdebu. Setelahnya, kita rendam selama beberapa menit lalu membersihkannya. Dapat, juga membiarkan minyak kelapa hingga mengering. Ambil contoh, kursi rumah kita begitu mudah berdebu. Untuk melindungi kursi dari debu, gosokkan minyak kelapa secukupnya pada permukan kursi. Lalu, kita rendam dengan air selama beberapa menit. Setelahnya, kita bersihkan sisa-sisa minyak kelapa. Debu-debu tak akan mudah menempel pada permukaan kursi.

Menghilangkan Kotoran yang Sulit Kita Bersihkan. Ambil contoh, terdapat coretan-coretan krayon pada meja. Bila kita sulit membersihkannya dengan air ataupun sabun, manfaatkan minyak kelapa. Kita bersihkan coretan-coretan tersebut dengan minyak kelapa. Minyak kelapa pun dapat juga kita gunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran membandel. Misalnya, noda-noda hitam pada meja.

Membuat Peralatan Masak Berbahan Kayu Selalu Bersih. Apakah terdapat peralatan masak berbahan kayu di dalam dapur rumah kita? Misalnya, spatula (alat untuk menggoreng) berbahan kayu. Setelah menggunakannya, agar peralatan-peralatan tersebut selalu bersih dan higienis, gosokkan minyak kelapa selama 20 hingga 30 menit lalu kita bersihkan.

Demikian, beberapa manfaat minyak kelapa. Kesimpulannya, minyak kelapa menjadi satu satu cairan penting Yang sebaiknya kita simpan di dalam rumah.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://housetipster.com/housetip/1833/7-ways-coconut-oil-can-help-around-the-house-house-tipster

Sumber Gambar:
https://www.pexels.com/photo/glass-bowl-cork-bottle-53502/


Related Posts :