Selasa, 11 Desember 2018

Manfaat-Manfaat Rumah Tanpa Televisi

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/manfaat-manfaat-rumah-tanpa-televisi

Apakah tak terdapat televisi di dalam rumah kita? Bagi pemilik rumah umumnya, televisi menjadi salah satu perangkat elektronik yang wajib ada di dalam rumah. Di berbagai toko elektronik pun, tersedia beragam perangkat tersebut. Rumah pun terasa kurang ‘sreg’ tanpa televisi. Karenanya, perangkat elektronik yang semakin canggih dan semakin tipis ini biasanya ada di dalam rumah. Padahal, tanpa televisi, kita pun sebenarnya masih dapat tinggal di dalam rumah. Nah, rumah tanpa televisi memberikan sejumlah manfaat. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

tv-1529259_960_720.jpg
Gambar 1. Televisi.

Tanpa Televisi, Kita Memiliki Waktu Luang. Tayangan televisi sebenarnya cukup menyita waktu. Terlebih, bila kita sering menyaksikannya . Nah, tanpa televisi, kita sebenarnya memiliki waktu luang. Waktu luang ini dapat kita manfaatkan untuk mengerjakan banyak hal bermanfaat. Misalnya, mengembangkan hobi ataupun mengerjakan berbagai pekerjaan rumah seperti mencuci dan menyapu. Kita pun akan lebih fokus mengerjakan hal-hal tersebut. Bila kita memiliki anak, dapat juga bermain-main dengannya. Tubuh akan akan lebih aktif bergerak. Saat menyaksikan tayangan televisi, kita hanya duduk terdiam menyaksikannya.

Mempererat Keharmonisan Keluarga. Kehadiran televisi cenderung mengurangi interaksi antar anggota keluarga. Tentu saja, karena lebih berfokus menyaksikan tayangan televisi dibandingkan berinteraksi dengan anggota keluarga. Berkurangnya interaksi ini tentunya mempengaruhi keharmonisan keluarga. Sedangkan tanpa televisi, kita akan lebih mudah berinteraksi dan bercakap-cakap bersama anggota keluarga. Dengan semakin sering berinteraksi dan bercakap-cakap, tentunya akan mempererat keharmonisan keluarga.

Menjadikan Rumah Lebih Tenang. Selain menampilkan gambar yang semakin canggih, televisi mengeluarkan suara. Karena mengeluarkan suara, kehadiran televisi cenderung menjadikan rumah lebih gaduh. Memang, agar lebih nyaman menonton tayangan televisi, biasanya volume suara ditinggikan. Terlebih, saat menyaksikan film laga, berita, ataupun drama. Tak tertutup kemungkinan, suara televisi yang tinggi menjadikan rumah terasa begitu gaduh sehingga menjadikan kita kurang nyaman. Nah, dengan demikian, bila kita ingin rumah lebih tenang, dapat mencoba ‘menyingkirkan’ televisi dari dalam rumah.

Lebih Menghemat Pengeluaran Listrik. Karena termasuk perangkat elektronik, televisi membutuhkan konsumsi daya listrik. Semakin sering kita menonton tayangan televisi, pengeluaran listrik tentunya akan semakin besar. Terlebih, bila kita sering menyaksikannya berjam-jam selama sehari. Memang, saat ini, beberapa jenis televisi dilengkapi teknologi menghemat konsumsi listrik. Nah, tanpa televisi, akan lebih menghemat pengeluaran listrik. Kita pun tak perlu membeli berbagai peralatan terkait kenyamanan menyaksikan tayangan televisi. Misalnya, meja televisi, DVD player ataupun sound system.

Demikian, manfaat rumah tanpa televisi. Kesimpulannya, tanpa televisi tak lantas membuat kita merasa tak nyaman. Tanpa televisi, memberikan sejumlah manfaat penting. Namun, saat ini, tak dapat dipungkiri, siapapun memang sulit terlepas dari televisi. Nah, tertarikkah ‘menyingkirkan’ televisi dari rumah kita? Bila tertarik, selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.livefamilytravel.com/6-reasons-why-life-without-tv-is-better/
2. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/why-i-live-without-a-tv.html

Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/07/19/23/35/tv-1529259_960_720.jpg


Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar