Senin, 31 Desember 2018

Memilih Bahan Pintu Untuk Menghias Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/memilih-bahan-pintu-untuk-menghias-rumah

Apakah tak terdapat pintu di dalam rumah kita? Pintu menjadi salah satu bagian penting rumah. Nah, pintu sebenarnya tak hanya berfungsi sebagai alat ataupun furniture untuk masuk dan keluar rumah. Kita pun dapat juga memanfaatkan pintu untuk menghias dan memperindah rumah. Nah, dengan memahami karakterisik bahan pintu, memudahkah kita memilih bahan pintu sehingga akan lebih menghias rumah kita. Terdapat beberapa bahan yang dapat dijadikan pintu. Lalu, apa saja bahan-bahan tersebut? Dan juga, bahan apa yang sebaiknya kita pilih untuk dijadikan pintu? Berikut beberapa jenis bahan pintu, serta kelebihan dan kekurangan setiap jenis bahan pintu.

w1.png
Gambar 1. Ilustrasi Pintu Berbahan Kaca

Pintu Berbahan Kayu. Bahan kayu umum digunakan untuk dijadikan pintu. Keunggulan bahan kayu yaitu mudah dibentuk menjadi apapun. Biasanya, tak membutuhkan biaya besar untuk membentuk kayu. Nah, bila kita menggunakan pintu berbahan kayu, kita dapat menambahkan ornamen ataupun hiasan pada badan pintu. Misalnya, ornamen bunga, ornamen abstrak, ataupun ornamen dedaunan. Nah, dengan demikian, bila kita menginginkan pintu yang terlihat sangat artistik dan berseni, menggunakan pintu berbahan kayu dapat menjadi alternatif. Namun, seiring waktu, pintu berbahan kayu akan lapuk. Terlebih, bila sering terkena air.

Pintu Berbahan Logam. Keunggulan pintu berbahan logam yaitu kuat dan tahan lama. Memasang pintu ini pun memberikan kesan elegan pada rumah kita. Namun, bila badan pintu penyok, relatif sulit untuk diperbaiki. Selain itu, seiring waktu, pintu berbahan logam pun akan berkarat. Nah, dengan demikian, bila kita menginginkan pintu yang rumah yang tahan lama sekaligus memperindah rumah, kita dapat menggunakan pintu berbahan logam.

Pintu Berbahan Kaca. Keunggulan pintu berbahan kaca yaitu membuat interior rumah menjadi begitu terang. Tentu saja, karena lebih banyak sinar matahari yang melewati kaca. Kita pun dapat lebih leluasa memandang eksterior rumah. Dengan demikian, bila kita menginginkan pintu yang membuat rumah menjadi lebih terang, kita dapat memasang pintu berbahan kaca pada rumah kita. Namun, pintu berbahan kaca mudah retak. Terlebih, bila pintu sering terbentur. Bila tampak keretakan pada beberapa bagian badan pintu, tentunya pintu kurang nyaman dipandang mata.

Pintu Berbahan Fiberglass. Kita tentunya sudah tak asing dengan fiberglass. Keunggulan pintu berbahan fiberglass yaitu dapat kita warnai dengan aneka warna. Bila kita menginginkan tampilan pintu dengan warna yang artistik dan menarik, kita dapat memasang pintu berbahan fiberglass. Pintu berbahan fiberglass pun akan tampak seperti pintu berbahan kayu, bila kita memberinya warna coklat kayu. Namun, dibandingkan bahan kayu, bahan fiberglass biasanya lebih mahal.

Demikian, beberapa jenis bahan pintu, serta kelebihan dan kekurangan setiap jenis bahan pintu. Kita dapat memilih salah satu bahan tersebut dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Nah, tertarikkah mengganti pintu rumah kita? Selamat memasang pintu baru…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.diynetwork.com/how-to/rooms-and-spaces/doors-and-windows/what-type-of-front-door-material-is-right-for-your-house

Gambar:
Gambar Milik Pribadi


Related Posts :