Selasa, 19 Februari 2019

Tips Memilih Desain Bingkai Jendela

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/tips-memilih-desain-bingkai-jendela

Seperti apa bentuk bingkai desain jendela pada rumah kita? Umumnya, pemilik rumah menggunakan bingkai jendela berbentuk kotak. Baik persegi panjang ataupun bujur sangkar. Padahal, bingkai ini tak mesti selalu kotak. Ada juga beragam bentuk lainnya. Misalnya, lingkaran, elips, ataupun trapesium. Nah, menggunakan bentuk bingkai yang berbeda memberikan nuansa dan aura tersendiri dan bagi eksterior dan interior. Berikut beberapa bentuk bingkai jendela.

w1.png
Gambar 1. Ilustrasi

Jendela Berbentuk Bundar. Bila menginginkan rumah yang kental dengan nuansa yang sangat simple namun menarik, kita dapat memasang jendela berbentuk bundar. Bila menginginkan interior ataupun eksterior yang lebih nyaman dan sedap dipandang mata, dapat juga memasangnya. Menurut suatu penelitian, mata kita lebih nyaman memandang benda berbentuk bundar dibandingkan berbentuk kotak. Contoh jendela ini dapat kita pandang pada gambar pertama diatas pada sebelah kiri.

Jendela Berbentuk Elips. Dengan memasang jendela berbentuk elips. akan memberikan kesan futuristik sekaligus juga memancarkan kesan keindahan dan elegan. Memasangnya dapat dalam dua posisi, memanjang ataupun melebar. Contoh jendela ini dapat kita pandang pada gambar pertama diatas pada gambar tengah dan gambar sebelah kanan.

Jendela Berbentuk Setengah Elips. Jendela setengah elips memberikan suasana sambutan bagi yang melihatnya. Memberikan kesan sambutan juga kepada tamu yang berkunjung. Sebabnya, bentuk ini identik dengan bentuk alis mata. Rumah seolah-olah menjelma menjadi seseorang yang berkata selamat datang kepada kita Bila memasangnya pada dinding kamar tidur, membuat kita merasa tersambut saat akan masuk ke dalamnya. Berikut contoh setengah elips.

el.png
Gambar 2. Ilustrasi

Jendela Berbentuk Trapesium. Keunikan jendela berbentuk trapesium yaitu memberikan suasana dramatis pada rumah kita. Kita pun seolah-olah merasa tak sedang berada di dalam rumah. Nah, bila menginginkan rumah yang kental dengan suasana tersebut, tak ada salahnya mencoba memasangnya. Bila menginginkan panorama rumah yang nyentrik dan tak terlihat biasa, tak ada salahnya juga mencoba memasangnya. Selain dapat menjadi bagian atas jendela, desain trapesium pun dapat juga menjadi desain badan jendela. Berikut bentuk trapesium.

tz.png
Gambar 3. Ilustrasi

Jendela Berbentuk Segi Enam dan Jendela Berbentuk Segi Delapan. Nah, bila kita menginginkan panorama rumah yang tak terlihat biasa baik pada interior ataupun eksterior, dapat mencoba memasang jendela berbentuk segi enam ataupun jendela berbentuk segi delapan. Bentuk-bentuk tersebut memang jarang digunakan sebagai bentuk bingkai. Berikut contoh jendela segi enam.

Mustosen_talon_ikkuna_1870_1.jpg
Gambar 4. Ilustrasi

Demikian, beberapa bentuk bingkai jendela yang dapat kita coba pasang pada rumah kita. Sekali lagi, bentuk ini tak mesti kotak. Memilih bentuk yang menarik dapat menjadi alternatif untuk menghias interior ataupun eksterior. Nah, apakah diantara bentuk-bentuk yang sudah dipaparkan, adakah salah satunya yang kita sukai? Bila tertarik memasang salah satunya, kita dapat memesannya melalui jasa pembuatan jendela. Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  • https://www.championwindow.com/Inspiration/Window-Tips/The-Shape-Of-Your-Windows/
  • https://modernize.com/windows/types/round-windows
Gambar:
  1. Milik Pribadi
  2. Milik Pribadi
  3. Milik Pribadi
  4. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ae/Mustosen_talon_ikkuna_1870_1.jpg/570px-Mustosen_talon_ikkuna_1870_1.jpg


Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar